top of page
Search
  • Getlost

Kisah Kehidupan Urban dalam Pameran Perangai oleh Ruth Marbun




Artsphere Gallery Jakarta menghadirkan pameran Perangai, sebuah pameran seni tunggal karya Ruth Marbun. Berlangsung hingga 27 September 2023, pameran ini membawa tema ‘perangai’, yang menggambarkan berbagai tingkah laku dan perilaku manusia di tengah kehidupan urban yang penuh hiruk pikuk dan keabsurdan.


Menapak Keunikan ‘Perangai’

Ruth Marbun, seorang seniman yang menghabiskan waktu di Jakarta, terinspirasi oleh dinamika dan ragam gerak-gerik manusia di ibu kota yang riuh. Dalam pameran ini, dia menghadirkan 50 karya lukis yang menciptakan narasi visual tentang bagaimana manusia berinteraksi satu sama lain dan dengan lingkungan mereka.



‘Perangai’, sebagai tema sentral pameran, menggambarkan sifat-sifat unik yang ada dalam diri manusia. Dari gestur dan ekspresi wajah hingga dialog dan interaksi, Ruth Marbun menggambarkan kekayaan emosi dan tingkah laku manusia melalui goresan tangan kreatifnya. Karya-karyanya tidak hanya sekadar lukisan, tetapi juga cerminan kehidupan sehari-hari yang mengundang refleksi mendalam.



Medium dan Ekspresi

Dalam pameran ini, Ruth Marbun mengeksplorasi politik ruang pamer dengan menempatkan karya-karyanya secara berbeda. Medium lukis di atas kertas diberikan perhatian khusus, meskipun biasanya lukisan-lukisan berkanvas lebih mendominasi dalam dunia seni rupa.




Cat air di atas kertas dan cat akrilik di atas kanvas menjadi alat utama yang menghidupkan konsep ‘Perangai’. Kekhasan tiap medium ini memungkinkan pengunjung untuk merasakan dua dimensi berbeda dari kreativitas seniman.


Dalam beberapa karya, penempatan elemen-elemen tambahan seperti teks dan gambar pada sisi pinggir menghadirkan nuansa multidimensi yang lebih dalam. Tidak hanya menghadirkan visual yang menarik, hal ini juga merangsang imajinasi pengunjung dalam menginterpretasikan setiap karya secara lebih mendalam.


Merayakan Kehidupan Urban


Lewat karya-karyanya, Ruth Marbun mengajak pengunjung untuk merayakan keunikan kehidupan di lingkungan perkotaan. Melalui goresan cepat dan perpaduan warna yang cerdas, seniman ini menangkap momen-momen kecil yang sering terlupakan dalam kesibukan sehari-hari. Ia memberikan wadah bagi ‘perangai’ manusia untuk bersinar, baik yang lumrah maupun yang tak terduga.


‘Perangai’ bukan sekadar kumpulan lukisan, tetapi juga refleksi tentang bagaimana kita berada dalam permainan ruang antara realitas dan imajinasi. Karya-karya ini memperlihatkan kekayaan emosi dan perilaku manusia, serta memicu pertanyaan tentang cara kita berinteraksi dengan lingkungan sekitar.


Penikmat seni yang ingin mengunjungi pameran ini dapat menuju Artsphere Gallery Jakarta di Darmawangsa Square Level 2 Unit 66, Jakarta Selatan. Pameran buka tiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 11:00 hingga 18:00.

14 views0 comments
bottom of page