top of page
Search
  • Felix Nathaniel

"Panorama Dalam Diam”, Sebuah Pameran Seni Kolaborasi ARTOTEL Thamrin Jakarta dan Artsphere Gallery

August 1, 2022




ARTOTEL Thamrin Jakarta bekerjasama dengan Artsphere Gallery mempersembahkan pameran seni tunggal dengan tema “PANORAMA DALAM DIAM”. Pameran seni ini akan dibuka untuk umum pada tanggal 29 Juli hingga 4 September 2022 di Artspace ARTOTEL Thamrin Jakarta.

Arstphere Gallery merupakan wadah khusus bagi seniman atau kreator untuk mengembangkan karya seni, baik melalui kolaborasi maupun acara seni lainnya. Didirikan pada tahun 2006 oleh Ibu Maya Sujatmiko, Artsphere dibangun untuk berkontribusi dalam perkembangan seni rupa modern Indonesia.

Artsphere juga menyediakan pelayanan untuk kegiatan seni lainnya. Layanan tersebut meliputi: pembingkaian, restorasi, desain dan pencetakan seni serta konsultasi seni untuk ruang pribadi dan komersial.



Mengenai Pameran Seni




Khusus pada pameran kali ini, Artsphere Gallery mengundang salah satu seniman berbakat Indonesia yaitu Wayan Yusa Dirgantara. Pria asal Bali ini sangat suka dengan tempat tinggalnya di daerah Bali selatan.

Dengan dikelilingi panorama indah baik dari sisi masyarakatnya maupun pengalaman kehidupan yang berbeda di lingkungannya membuatnya sangat betah. Sebagai salah satu tujuan wisata, Bali bagi Yusa melihat berbagai pengalaman Wisatawan lokal maupun asing yang datang berkunjung untuk berwisata menikmati indahnya alam dan pantai di Bali.

Hal ini yang secara jelas terekam dalam memori ataupun ingatan dari semasa kecil hingga dewasa. Berangkat dari ide tugas akhir untuk satu studi, pria lulusan ISI Yogyakarta ini menuangkan memori ataupun kenangan tersebut diatas kanvas. Menata ulang ingatan bukanlah hal yang mudah juga. Yusa sapaan akrabnya, berpikir kritis untuk mengingat kembali memori yang tidak utuh tentang apa yang terjadi di masa lalu hingga sekarang.

Salah satu pengalaman dalam karya yang dituang adalah, pada saat Yusa kembali ke Bali di masa pandemi. Ia melihat fenomena yang berbeda dengan pantai yang sepi tanpa turis dan aktivitas hiburan lainnya.


Hanya ada sampah plastik yang menari–nari terhempas, fenomena kemudian dituangkan dalam karya yang berjudul ‘tarian dari pulau plastik’. Ada juga hasil rekaman memori tentang situasi pantai yang sangat ramai dengan warga lokal dituang dalam karya berjudul ‘another sunset’. Pada intinya semua yang masih terekam jelas sang seniman yang divisualisasikan kembali pada pameran tunggal kali ini.



Pameran Seni Menjadi Acara Rutin Kedepannya


Windi Salomo, ART Director ARTOTEL Group menyatakan,

“Melihat kondisi saat ini yang semakin membaik, kami kembali menyelenggarakan kegiatan pameran seni yang sempat terhenti karena terjadinya Pandemi Covid-19. Selanjutnya pameran seni yang menjadi kegiatan khas dari ARTOTEL Group akan kami selenggarakan secara rutin di ARTSPACE ARTOTEL Thamrin – Jakarta dan properti lainnya dengan brand ARTOTEL & ARTOTEL Suites yang berada di Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Bali. Kami berharap pameran tunggal kali ini dapat memberikan nuansa baru bagi para pencinta seni kontemporer dan menjadi salah satu kegiatan yang menggeliatkan kembali industri seni kontemporer Indonesia pasca Pandemi Covid-19.”

Maya Sujatmiko selaku founder Artsphere Gallery menyampaikan terima kasih teramat sangat kepada artotel atas kerjasamanya dalam mendukung kegiatan pameran Senirupa.

Pameran kolaborasi kali ini menampilkan seniman muda Wayan Yusa Dirgantara judul ‘PANORAMA DALAM DIAM”. Pameran ini akan berlangsung di ARTOTEL Thamrin Jakarta.

Semoga kerjasama ini bisa berkelanjutan dan sukses . Selamat untuk Yusa dan juga ARTOTEL Thamrin Jakarta sebagai venue penyelenggara.

3 views0 comments
bottom of page